Kiat Puasa Yang Cocok Bagi Anda Yang Mau Diet



Berpuasa identik dengan menahan nafsu makan dan makan dalam porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan hari-hari biasa. Ini membuat banyak orang mengaitkan puasa dengan menurunkan berat badan.

Banyak orang yang berupaya menurunkan berat badan mereka sambil berpuasa, meski tak jarang yang justru bertambah gemuk di bulan Ramadan.

Jika Anda termasuk orang yang ingin menurunkan berat badan selama bulan Ramadan, sebaiknya lakukan dengan cara yang benar. Menurunkan berat badan sambil berpuasa bukan berarti Anda hanya mengonsumsi sedikit makanan atau hampir tidak makan sama sekali. Anda juga harus memperhatikan kesehatan selama bulan Ramadan sambil menurunkan berat badan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan sambil berpuasa di bulan Ramadan, seperti dilansir oleh Now Loss.

Kiat diet

Konsumsi kalori yang cukup

Ketika berdiet dan berusaha menurunkan berat badan, banyak orang yang membatasi jumlah kalori yang mereka konsumsi. Namun yang terjadi selama Ramadan, terkadang seseorang tak mengonsumsi cukup kalori yang mereka butuhkan atau justru mengonsumsi terlalu banyak kalori. Kalori yang kurang akan berimbas pada kesehatan tubuh, sementara terlalu banyak kalori akan merusak diet Anda.

Sebelum memutuskan untuk diet, pertama yang harus Anda ketahui adalah jumlah kalori yang dibutuhkan. Anda bisa mengonsumsi 1200 sampai 2000 kalori setiap malam untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, membuat jurnal makanan juga penting untuk membantu Anda mengonsumsi makanan yang tepat. Jurnal makanan akan membantu Anda mengontrol jumlah kalori dan makanan yang Anda konsumsi.

Batasi makan saat berbuka

Hal lain yang harus dihindari untuk menurunkan berat badan selama berpuasa adalah dengan tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan saat berbuka.

Karena rasa lapar yang sudah ditahan seharian, tak jarang orang langsung mengonsumsi banyak makanan sekaligus saat berbuka. Jangan lakukan itu! Tahanlah diri Anda untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau makan terlalu banyak saat berbuka.

Sebagai gantinya, berbuka puasalah dengan makanan yang membantu menurunkan berat badan. Pilih makanan yang kaya serat dan protein. Ini tak hanya membantu menurunkan berat badan melainkan juga menjaga gula darah Anda agar tetap stabil.

Makanan yang kaya serat juga bisa membuat Anda cepat kenyang dan kenyang lebih lama, serta mencegah Anda untuk makan berlebihan. Ini membantu Anda membatasi kalori yang dikonsumsi agar diet tetap berjalan lancar.

Tips menangkal lapar

Ketika berdiet dan berpuasa, tentunya Anda akan merasa lapar. Ini adalah hal biasa, terutama jika Anda memiliki kebiasaan ngemil setiap hari. Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menahan rasa lapar selama Ramadan.

Anda bisa mengalihkan pikiran pada makanan dan camilan dengan melakukan aktivitas ringan seperti berjalan-jalan, membaca buku, atau bahkan bermain video game.

Salah satu penyebab rasa lapar dan keinginan ngemil adalah pikiran yang selalu tertuju pada makanan, karena itu sebaiknya hilangkan pikiran tentang makanan dalam pikiran Anda, dan simpan semua jenis camilan dari hadapan Anda.

Jangan khawatir, karena selama Ramadan tubuh akan menyesuaikan diri dan lama-kelamaan Anda akan mulai merasa tidak ingin ngemil dan tidak merasa lapar di siang hari.

Mencegah haus

Jika ingin diet Anda berhasil, jangan lupa juga untuk memenuhi cairan tubuh. Cairan tubuh dan air juga penting untuk membantu menurunkan berat badan serta menjaga kebugaran tubuh selama Ramadan. Namun salah satu masalah yang sering dialami adalah rasa haus di siang hari.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa haus di siang hari adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh di malam hari. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang membuat Anda haus dan bersifat diuretik seperti makanan asin, soda, kopi, dan teh.

Anda juga bisa mencegah rasa haus dengan mandi air dingin di siang hari agar tubuh menjadi segar. Jangan lakukan olahraga yang terlalu berat di siang hari dan gunakan pakaian yang tidak menyerap panas.

Jadwal olahraga

Olahraga adalah hal yang penting jika Anda ingin menurunkan berat badan, begitu juga untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadan. Sebenarnya menurunkan berat badan bisa dilakukan tanpa berolahraga, namun akan sangat baik jika Anda melakukannya di bulan puasa. Meski begitu, olahraga yang akan dilakukan juga harus diperhatikan dengan seksama.

Pastikan Anda melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan-jalan atau melakukan kegiatan rumah tangga selama 15 sampai 45 menit saja. Anda tak akan bisa minum selama puasa, jadi jangan lakukan olahraga yang berat. Jika ingin melakukan olahraga yang lebih berat sebaiknya lakukan di malam hari.

Setelah Ramadan selesai, Anda bisa kembali melakukan diet yang biasa Anda lakukan atau menjalankan cara yang sudah Anda lakukan selama Ramadan. Namun tentunya diet akan lebih mudah karena Anda bisa mengonsumsi air dan makan ketika tidak berpuasa.

Ingat bahwa satu-satunya cara yang membuat Anda bertambah berat badan saat Ramadan adalah karena Anda makan terlalu banyak di malam hari dan langsung makan dalam porsi besar saat berbuka puasa.


No comments:

Post a Comment