Mengapa Kebanyakan Makan Nasi Dapat Menyebabkan Ngantuk?



Sarapan adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa saja. Mulai dari siswa sekolah hingga usia dewasa wajib makan pagi untuk menjaga ritme metabolisme tubuhnya tetap berjalan optimal serta untuk memenuhi asupan energi.

Namun, terlalu banyak makan khususnya makanan dengan karbohidrat tinggi seperti nasi putih dan beberapa jenis sumber karbohidrat lainnya menyebabkan seseorang merasa mengantuk meski telah tidur pulas semalaman. Mengapa bisa demikian?

Berikut beberapa jawaban atas pertanyaan tersebut, antara lain :

Ngantuk

1. Makanan tinggi gula dan karbohidrat dapat meningkatkan produksi insulin yang dapat merangsang produksi trypthophan sehingga kadar serotonin meningkat drastis.

2. Konsumsi karbohidrat berlebihan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Hal ini menjadikan seseorang tampak 'lamban' karena energi habis untuk proses pencernaan.

3. Selain tinggi gula, nasi merupakan sumber makanan kaya kandungan Tryptophan yang dapat mendorong produksi hormon serotonin, sehingga ada efek 'nyaman' dikirim oleh otak.

Cara untuk mengantisipasi agar terhindar dari rasa kantuk setelah makan (nasi), antara lain :
  1. Makan secukupnya, berhenti sebelum kenyang (Sunnah Rasulullah SAW)
  2. Minum air putih sebelum makan dan beberapa saat sesudah makan (beri jeda waktu)
  3. Makan sehat, sekali makan diusahakan terdapat sumber serat (sayur)
  4. Setelah makan istirahat sebentar (10-15menit), tidak langsung beraktivitas
Tidak jarang, alasan mengantuk setelah sarapan menjadikan banyak orang melewati aktivitas penting ini. Padahal, sarapan dengan menu sehat justru memberikan efek sehat dalam jangka panjang serta menjamin kebutuhan kalori untuk aktivitas.

Bagi siswa sekolah maupun orang dewasa, (makan pagi) sarapan sangat penting karena berguna untuk meningkatkan kesigapan, fokus, menjadikan otak lebih terjaga dan membangun 'mood positif'. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk makan sehat tiap pagi.

Selamat pagi, Selamat menikmati sarapan sehat.
Semoga tetap bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas dan sukses selalu.


No comments:

Post a Comment