Selamat Hari Batik Nasional



Sudahkah Anda mengenakan batik hari ini? Ya, hari ini tepatnya Kamis, 2 Oktober 2016 diperingati juga sebagai hari Batik Nasional. Hari batik nasional dirayakan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Di tanggal inilah seluruh lapisan masyarakat disarankan untuk mengenakan batik selama satu hari penuh.

Kata Batik sendiri mengacu pada dua hal. Pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain sementara yang kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan.

Hari Batik Nasional

Di Indonesia, batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan menjadi sangat populer akhir abad XVIII atau awal abad XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad XX dan batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I atau sekitar tahun 1920-an.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan batik. Mulai dari jenis hingga motif, setiap kota di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dari batik yang dimilikinya. Seperti apa sajakah jenis batik yang tersebar di Indonesia?

Jenis Batik Menurut Teknik

  1. Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  2. Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari  tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
  3. Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

Jenis Batik Menurut Coraknya

Batik Kraton

Batik kraton merupakan salah satu batik yang tak asing lagi di telinga masyarakat. Untuk motif dari batik kraton mengandung makna yang berkaitan dengan filosofi kehidupan. Batik ini dibuat oleh para putri dan para pembatik yang bermukim di kraton. Maka dari itu, pada dasarnya beberapa motif batik kraton tertentu hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu saja di antaranya seperti Batik Parang Barong, Batik Parang Rusak dan masih banyak lagi.

Batik Cuwiri

Untuk batik yang satu ini memanfaatkan zat pewarna sogam alam dalam teknik pembuatannya. Biasanya, batik cuwiri digunakan untuk jenis pakaian seperti kemben untuk upacara mitoni. Adapun makna yang terkandung dalam batik ini yaitu penggunanya layak untuk dihormati oleh orang lain.

Batik Sekar Jagad

Sisi lain nampak ditonjolkan oleh batik sekar jagad. Makna yang terkandung dalam batik ini adalah menampakkkan sisi kecantikan dan keindahan dari pemakainya. Tak hanya keindahan saja namun motif ini juga melambangkan keragaman yang ada di dunia.

Batik Kawung

Motif Kawung sendiri berpola bulatan yang mirip dengan buah Kawung (sejenis kelapa atau buah kolang-kaling) yang diatur secara rapi dengan cara geometris. Terkadang batik ini juga digambarkan dalam bentuk bunga lotus dengan empat daun bunga yang bermekaran. Umumnya motif-motif Kawung dinamakan menurut besar-kecilnya wujud bulat-lonjong yang ada dalam satu motif spesifik.

Dan lain - lain

Batik Menurut Daerahnya

Batik Yogya

Batik Yogya identik dengan batik tulis maka dari itu tak heran jika proses pembuatan batik tersebut memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, batik Jogja memiliki motif yang khas berkisar pada gambar parang, hewan ataupun manusia. Sementara untuk warna, batik Jogja didominasi oleh warna coklat tua, coklat muda dan putih.

Batik Pekalongan

Batik pekalongan atau yang biasa disebut dengan batik pesisir identik dengan warna dan corak-corak yang cerah seperti biru, merah, coklat muda dan masih banyak lagi. Berbicara tentang motif, biasanya bergambar nelayan, hewan, dedaunan, bunga dan lain sebagainya.

Batik Surakarta

Hampir sama seperti batik Yogyakarta karena latar dari batik Surakarta adalah permainan warna-warna gelap seperti coklat tua atau pun hitam. Sementara untuk motif masih berkisar dengan keraton, kawung dan lain sebagainya.

Batik Megamendung

Motif batik Megamendung merupakan karya seni batik yang identik dan bahkan menjadi ikon batik daerah Cirebon. Motif megamendung sebagai motif dasar batik sudah dikenal luas sampai ke manca negara. Kekhasan motif megamendung tidak saja pada motifnya yang berupa gambar menyerupai awan dengan warna-warna tegas, tetapi juga nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalam motifnya. Seiring dengan perkembangan zaman, kini motif megamendung dikombinasikan dengan gambar awan, bunga dan hewan.

Dan lain - lain

"Mari kita jadikan batik sebagai identitas bangsa"


No comments:

Post a Comment