Atasi Ngantuk Di Pagi Hari Dengan Potassium!



Penyebab mudah ngantuk di pagi hari tentunya bermacam~macam dan berbeda antara orang satu dengan lainnya. Bisa saja karena tidur malam terlalu larut atau kurang berkualitas karena disebabkan berbagai faktor termasuk gangguan paling remeh seperti 'notifikasi gadget'.

Terlepas dari apapun penyebab seseorang mengalami kondisi gampang ngantuk. Tips kali ini bagi mereka yang mudah terserang rasa kantuk berat tak tertahankan di waktu~waktu produktif adalah dengan meningkatkan asupan makanan mengandung potassium atau kalium.

Ngantuk Di Pagi Hari

Mengatasi ngantuk dengan potassium

Menurut TCM (Traditional Chinese Medicine) dalam WhatsOnXiamen (24/03/10) menyebutkan bahwa rasa mudah ngantuk (sleepiness) khususnya di jam produktif, salah satunya dapat diatasi dengan menjaga kecukupan asupan mineral kalium atau disebut juga dengan potassium.

Apa sebenarnya manfaat utama mineral potassium untuk tubuh?

  1. Memperlancar oksigen ke otak
  2. Merangsang aktivitas syaraf
  3. Meningkatkan fungsi kognitif
  4. Mempertahankan kinerja otot
  5. Menjaga tekanan darah normal
  6. Meregenerasi jaringan
  7. Membantu pertumbuhan sel
  8. Mengatasi kelelahan & stress
  9. Menyetabilkan gula darah
Kesimpulannya, jika anda mengalami keluhan mudah ngantuk atau sering terserang rasa kantuk pada jam produktif, selain memperbaiki pola istirahat (tidur malam) bisa jadi perlu tambahan asupan makanan kaya mineral potassium (kalium).

Makanan mengandung kalium

Berikut beberapa sumber makanan dengan kandungan potassium atau kalium relatif tinggi, antara lain :
  1. Pisang
  2. Jamur
  3. Alpukat
  4. Ikan laut
  5. Yogurt
  6. Wortel
  7. Air kelapa
  8. Ubi jalar
  9. Bayam

Konsumsi salah satu menu makanan diatas secara rutin dan bergantian untuk mengatasi keluhan 'gampang ngantuk' yang sedang di alami. Selain menghilangkan ngantuk, kecukupan asupan potassium juga untuk menjaga tubuh tetap berenergi lebih lama.

Tips!

Agar hasil lebih optimal, kurangi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi di pagi hari seperti nasi putih, juga makanan kaya kandungan gula, apalagi karbohidrat olahan seperti mie instant atau berbahan dasar tepung lainnya.

Lebih sehat dan bersemangat dengan menu makanan tepat.
Semoga informasi ini bermanfaat untuk meningkatkan gairah dalam menjalani aktivitas sehari~hari.


No comments:

Post a Comment