Apakah Pemicu Seseorang Menggigit Kuku dan Bagiman Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku. ?



Menggigit kuku tidak hanya buruk dari sisi higienis, namun juga dapat memicu timbulnya infeksi pada kulit, meningkatkan risiko terkena influenza, serta infeksi lain akibat menyebarnya bakteri dari kuku dan jari.

Pada umumnya, penyebab atau pemicu seseorang menggigit kuku adalah karena orang tersebut sedang merasa tegang, stress atau bosan. Dan bagi mereka yang sering menggigit kuku, kebiasaan seperti ini dianggap sebagai cara yang ampuh untuk dapat mengatasi kecemasan, kepanikan dan ketegangan yang sedang dialaminya. Sedangkan penyebab lainnya bisa jadi adalah karena mereka merasa kesepian (merasa sendirian), frustasi atau mungkin karena faktor genetika yang diturunkan orang tuanya.

Menggigit Kuku


Apa Akibat Dari Sering Menggigit Kuku?

  1. Saat seseorang menggigit kuku, sebenarnya bukan hanya kuku yang digigit, melainkan juga menggigit kutikula dan jaringan kulit pada area kuku. Keseringan mengigiti kuku dapat menyebabkan kerusakan syaraf pada kuku serta kulit di area kuku, yang mana hal ini dianggap sebagai kebiasaan yang melukai diri sendiri.
  2. Menggigit kuku ternyata juga tak baik untuk gigi. Terlalu sering mengigit kuku membuat gigi menjadi mudah tanggal.
  3. Selain melukai diri sendiri, kebiasaan menggigit kuku akan membuat jari menjadi luka kemerahan, berdarah dan bahkan dapat menimbulkan infeksi. Virus dan bakteri yang bersarang pada kuku pun dapat berpindah ke mulut dan hal ini cukup berbahaya karena beresiko menimbulkan masalah kesehatan bagi orang tersebut.
  4. Dampak terakhr tentunya adalah dapat merusak kuku, mengurangi keindahan kuku dan mengganggu pertumbuhannya.

Bagaimana Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku?

Untuk menghentikan kebiasaan ini memang sedikit sulit, terutama jika kebiasaan ini telah menjadi kebiasaan yang terus anda lakukan dalam waktu yang begitu lama, namun cobalah dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini, agar anda bisa mengurangi kebiasaan menggigit kuku hingga menghilangkan kebiasaan tersebut.

1. Olesi kuku dengan sesuatu yang pahit namun tidak berbahaya tentunya.

Cara ini dianggap ampuh, terutama jika dilakukan pada anak-anak untuk mencegah agar kebiasaan menggigiti kukunya tidak berlanjut hingga usia dewasa.

2. Bagi wanita yang terlanjur memiliki kebiasaan menggigit kuku.

Jika memiliki dana yang cukup sebaiknya lakukan perawatan kuku seperti manicure. Jika anda melihat kuku yang indah dan terawat maka anda akan merasa sayang untuk merusaknya. Yang mana secara perlahan hal ini akan membuat anda mengurangi kebiasaan menggigiti kuku.

3. Cobalah gunakan plaster atau perban pada tangan, terutama dibagian kuku. 

Meskipun metode ini terdengar aneh, namun kebanyakan orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku telah mempraktikan cara ini dan menganggap bahwa ini adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengurangi kebiasaan menggigiti kuku pada jari.

Beberapa dampak diatas nampaknya sedikit serius dan akan merugikan anda. Untuk itu, mulailah kurangi kebiasaan buruk ini, karena selain menjijikkan juga berbahaya buat kesehatan anda.


No comments:

Post a Comment